Inilah Kelebihan dan Kekurangan Mobil Diesel

Mobil diesel merupakan jenis mobil lain selain mobil bensin. Mobil jenis ini menggunakan bahan bakar diesel seperti solar. Mobil diesel memiliki kelebihan dan kekurangan mobil diesel dibanding mobil bensin.

Kelebihan

1. Irit bahan bakar

Dilansir dari Cars Direct, rata-rata mesin diesel lebih hemat bahan bakar daripada kendaraan berbahan bakar bensin. Mobil diesel menghasilkan lebih banyak tenaga dari bahan bakar yang lebih sedikit karena memiliki tingkat kompresi yang lebih tinggi. Dengan tambahan sistem injeksi bahan bakar bertekanan tinggi, penghematan bahan bakar menjadi lebih baik lagi. 

2. Keperluan perawatan lebih sedikit. 

Meskipun masih menggunakan mesin pembakaran internal, cara kerja pembangkit tenaga diesel sangat berbeda dari mesin bensin sehingga mengurangi perawatan dan meningkatkan umur mesin.

Perbedaan utama adalah mesin diesel menggunakan udara panas terkompresi untuk menyalakan bahan bakar. Mekanisme ini mengurangi jumlah potensi kegagalan listrik dan menghasilkan mesin yang handal. Rentang waktu pemeliharaan yang dibutuhkan juga lebih lama.

3. Bahaya kebakaran lebih rendah

Kemungkinan bahan bakar menyala saat terjadi kecelakaan lebih rendah dengan bahan bakar diesel karena memiliki titik nyala yang lebih tinggi daripada bensin. 

4. Torsi yang lebih besar

Torsi adalah kemampuan mesin untuk menggerakkan kendaraan dari posisi diam. Desain mesin diesel, khususnya pembakaran bahan bakar yang lambat dan kompresi tinggi, menghasilkan torsi yang lebih besar daripada mesin lainnya. Torsi sama pentingnya dengan kemampuan untuk menarik beban dan berakselerasi. Torsi ekstra inilah yang membuat truk besar menggunakan mesin diesel.

Kekurangan Mobil Diesel

1. Biaya lebih mahal. 

Dikutip dari Edmunds, mesin diesel punya ongkos produksi yang lebih mahal ketimbang mesin bensin. Hal ini karena material mesin diesel lebih kuat. Penggunaan material yang lebih kuat harus dilakukan karena mesin diesel punya kompresi yang lebih tinggi.

2. Biaya perawatan yang lebih tinggi

Meskipun mesin diesel memerlukan intensitas servis yang lebih sedikit daripada mesin bensin dan biasanya bertahan lebih lama, biayanya lebih mahal untuk setiap servis. Peningkatan biaya servis mesin turbodiesel ini didorong oleh suku cadang yang lebih mahal, seperti busi pijar, perkakas khusus, dan teknisi khusus.

3. Performa lamban di iklim dingin

Selama cuaca dingin, mesin diesel punya kecenderungan membentuk gel. Untuk mengatasi hal ini, banyak orang mengakalinya dengan memasang pemanas blok mesin. Jika digunakan di daerah yang lebih hangat, mobil diesel akan lebih hemat bahan bakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published.